Family Gathering, Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor

Kegiatan family gathering merupakan suatu kegiatan yang dilakukan para pegawai beserta keluarganya dalam suatu institusi atau perusahaan.  Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi daerah wisata yang bernuansa alami seperti taman rekreasi, pegunungan ataupun pantai.  Tujuannya adalah untuk menjalin silaturahmi  dan saling mengenal diantara sesama pegawai dan keluarganya, serta menyegarkan kembali kondisi setiap pegawai yang kadang-kadang merasa jenuh dengan segala aktivitas pekerjaannya sehari-hari.

Institut Teknologi Bandung dengan jumlah pegawai ribuan orang, baik dosen maupun non dosen setiap tahun menggelar acara family gathering.  Acara ini umumnya diadakan di akhir triwulan yaitu sekitar Bulan Oktober, November atau Desember.  Sedangkan penyelenggaraannya diserahkan ke masing-masing unit/fakultas/sekolah.

Tanggal 21-22 November 2015, Direktorat Eksekutif  Kampus ITB Jatinangor mengadakan family gathering ke Kabupaten Cirebon dan Kuningan.  Menurut Kasubdit Sumberdaya dan Akademik (Ir. Bambang Subekti, MT.), dipilihnya kedua tempat tersebut diharapkan mampu memberikan nilai tambah tentang pengetahuan sejarah dimasa kerajaan dan dimasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Setidaknya terdapat 3 (tiga) situs bersejarah yang dikunjungi yaitu Cibulan tempat patilasan Raja Pajajaran Prabu Siliwangi , Keraton Kasepuhan Cirebon yang merupakan Istana Kerajaan Cirebon, dan terakhir adalah Museum Linggarjati tempat perundingan Indonesia dengan Belanda.

IMG_2923Sebanyak 4 (empat) bus berangkat dari Kampus ITB Jatinangor dan 1 (satu) bus dari Kampus ITB Ganesha, kelima rombongan bus tersebut langsung menuju Tol Cipularang kemudian masuk Tol Cipali dan keluar dari Cirebon menuju tempat wisata Cibulan Kabupaten Kuningan, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju  Museum Linggarjati dan selanjutnya menginap di hotel sekitar museum untuk beristirahat.  Malam kebersamaan para pegawai dan keluarga diwujudkan dalam bentuk fun games, menari dan bernyanyi bersama yang diselingi dengan pembagian hadiah doorprize yang sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara.  Dalam sambutannnya Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor (Dr. Wedyanto, MSc.) mengungkapkan rasa syukur bahwasannya keluarga besar Kampus ITB Jatinangor bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat, kemudian beliau juga menekankan perlunya membangun kebersamaan, rasa persaudaraan serta mempererat silaturahmi diantara sesama pegawai.

Keesokan harinya, minggu Tanggal 22 November 2015, rombongan berangkat menuju Keraton Kasepuhan Cirebon, tempat yang sarat dengan nilai-nilai sejarah keagamaan dan kebangsaan.  Tidak lupa rombongan juga mengunjungi tempat penjualan oleh-oleh khas Kuningan yang berupa aneka makanan serta pakaian khas Batik Cirebon yang terkenal sampai mancanegara.

Berita Terkait