Perpustakaan

Perpustakaan bertujuan untuk menciptakan ruang belajar alternatif yang menarik agar bangunan ini dapat menjadi katalis kegiatan akademik bagi civitas akademika yang selaras dengan perkembangan jaman dan tanggap terhadap teknologi masa depan. Konsep besar bangunan adalah “Dinamis dalam Formalitas”. Konsep formalitas diturunkan dari identitas lembaga perguruan tinggi yang formal, sedangkan konsep dinamis diturunkan dari karakter ilmu pengetahuan yang selalu berkembang setiap saat.

Konsep dinamis diwujudkan dalam konsep sirkulasi bangunan yang cair dan pada selubung bangunan berupa sirip yang dapat bergerak sesuai intensitas cahaya matahari yang jatuh pada permukaan bangunan. Konsep formalitas diwujudkan dalam bentuk bangunan yang berupa bentuk dasar kubus dan dipertegas dengan adanya garis-garis horizontal yang terbentuk oleh plat lantai kantilever serta garis vertikal yang terbentuk oleh sirip selubung bangunan.

Perpustakaan

Perpustakaan ITB di Kampus Jatinangor sampai akhir Juni 2017 telah mengoleksi 435 judul buku dan 5.783 buku. Sedangkan untuk  majalah 33 judul 74 majalah. Surat Kabar yang dilanggan adalah Kompas dan Tribun. ITB juga berlanggaranan E-journal yang bisa diakses di Perpustakaan Pusat maupun di Perpustakaan Kampus Jatinangor.
Dalam setahun terakhir Perpustakaan ITB di Kampus Jatinangor telah dikunjungi 3037 pengunjung, dan 719 daftar peminjam dan 1018 buku yang dipinjam. Dilihat dari daftar tersebut, perpustakaan ITB kampus jatinangor termasuk aktif di dalam pelayanan pengunjung.

Katalog Buku Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor dapat diakses disini.

Berita terkait :
1. Platform baru di tahun 2017 untuk akses e-jurnal springer bagi Sivitas Akademika ITB. http://www.lib.itb.ac.id/berita/platform-baru-akses-e-journal-springer

2. Berita langgan e-journal ITB dari Wiley http://www.lib.itb.ac.id/berita/perpustakaan-pusat-itb-langganan-9-e-journal-dari-wiley