Bangkit, Tegak dan Majulah Indonesiaku. Dengan Sains, Teknologi, dan Seni yang terdepan Kita Siap Menghadapi Era Persaingan Global

Begitulah tagline ITB Kampus Jatinangor dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional di Tahun 2016. Berdirinya Budi Utomo, organisasi pergerakan nasional yang didirikan di Tanggal 20 Mei Tahun 1908 dijadikan sebagai tonggak diperingati nya Hari Kebangkitan Nasional bagi bangsa Indonesia. Perjuangan Boedi Oetomo yang diprakarsai oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo merupakan bukti peran serta dan bangkitnya kaum intelektual muda bangsa Indonesia dalam usahanya memproklamasikan Kemerdekan Indonesia di Tahun 1945.

Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional di ITB tahun ini dilaksanakan di halaman Kantor Rektorat dan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Pusat ITB. Rektor ITB, Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA , membacakan naskah sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dihadapan seluruh peserta upacara.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Rudiantara, dalam sambutannya mengatakan bahwa berdirinya Boedi Oetomo menginspirasikan munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan dan cita-cita mulia dalam melepaskan diri dari penjajahan. Hari Kebangkitan Nasional ke-108 diperingati setelah sekian lama bangsa ini berdiri sebagai bangsa yang berdaulat dan utuh melalui Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter” diharapkan bangsa ini dapat menunjukkan bahwa tantangan apapun yang dihadapi harus dijawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Pada akhir kalimat, bapak Rudiantara mengajak kepada semua pihak yang mengemudikan jalannya bahtera pemerintahan agar dapat menyelenggarakan proses-proses secara lebih efisian, memangkas segala proses pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan, membangun proses-proses yang lebih transparan serta layanan tepat waktu sesuai yang telah dijanjikan.

Sumber :

1. Naskah Sambutan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2016
2. Foto Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2016 dengan Pembina Upacara Rektor Institut Teknologi Bandung, kiriman Bpk Yayat, Direktorat Hubungan Masyarakat dan Alumni ITB.

Berita Terkait