Jogging Track : Sarana Olahraga Kampus untuk Jiwa dan Tubuh yang Sehat

jatinangor.itb.ac.id – (selasa, 25/10/2016)

Mensana in Corporesano. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, begitula kira-kira arti dari kalimat dalam bahasa latin tersebut.Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, setiap orang harus membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat dimulai dari pikiran jernih, hati yang bersih, makan-makanan yang sehat, tidur yang cukup dan tentunya juga harus dibarengi dengan olahraga yang sesuai dengan porsinya masing-masing.

Insititut Teknologi Bandung sangat mendukung mahasiswa ITB untuk hidup sehat. Dibalik rutinitas kampus yang sangat sibuk, mahasiswa diberikan kemudahan untuk mendapatkan makanan sehat, air yang bersih, lingkungan yang nyaman dan juga memberikan sarana olahraga yang dibangun tersebar di area kampus.

Institut Teknologi Bandung Kampus ITB Jatinangor juga memahami betul kebutuhan mahasiswa untuk mendapatkan makanan sehat dan sarana olahraga yang menyenangkan. Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor mengatur menu yang boleh dan tidak boleh dijual di kantin untuk memastikan ketersediaan makanan sehat, bergizi dan berimbang. Selain makanan, sarana olahraga juga tak kalah pentingnya. Bila di Kampus Ganesha memiliki SORGA (Sarana Olahraga Ganesha), maka di Kampus ITB Jatinangor kita mengenal Jogging Track.

Jogging Track, begitu kami menyebutnya. Track atau lintasan untuk jogging yaitu kegiatan berjalan cepat atau berlari kecil agar jantung menyerap oksigen lebih banyak sehingga jantung dapat dilatih bekerja lebih cepat dari biasanya. Olahraga jalan cepat atau lari merupakan olahraga murah, tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan kapan saja. Meskipun demikian, disarankan melakukan jogging pada pagi atau sore hari.

ITB Kampus Jatinangor membangun lintasan jogging pada tahun 2013 dan selesai di tahun 2014. Lintasan dengan rute mengelilingi area kampus ITB Jatinangor ini dapat kita temui di sisi barat kampus dan timur kampus. Jogging track dengan lebar jalan 2 meter dan panjang 1.574 meter di sisi barat dan 400 meter di sisi timur ini menjadi salah satu lintasan olahraga jalan cepat atau lari kecil yang diminati banyak orang. Tidak hanya sivitas akademika ITB, namun juga masyarakat sekitar dapat menggunakan lintasan olahraga ini.

Keindahan alam Gunung Manglayang, danau situ, arboretum, beberapa tanaman endemik dan fauna di sepanjang lintasan akan memberikan nuansa alam tersendiri bagi setiap orang yang sedang berolahraga disini. Alam yang hijau dan langit yang biru menyokong kebutuhan oksigen yang dibutuhkan para pengguna Jogging track di ITB Kampus Jatinangor. Setiap 100 meter, para pengguna jogging track akan menjumpai tempat istirahat yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Selama berjalan di lintasan jogging track, para mahasiswa dan para pengguna lainnya diharapkan tetap berhati-hati agar tidak mengalami cidera, karena beberapa lintasan memiliki tanjakan yang cukup ekstrim. Tetap patuhi rambu-rambu di sepanjang lintasan, dilarang merokok dan para pengguna jogging track tidak membuang sampah di sepanjang lintasan.

Selain untuk olahraga, jogging track juga dimanfaatkan ITB sebagai sarana monitoring area kampus Jatinangor dan sarana untuk mencapai area kebun dan arboretum yang akan melakukan kegiatan penelitian dan praktikum.

Foto Pembangunan Jogging Track

img_0117

img_0259

img_0263

Berita Terkait