Kegiatan UKM Marching Band di Jatinangor

jatinangor.itb.ac.id – (jumat, 17/07/2016)

Marching Band Waditra Ganesha (MBWG) merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Nama ‘Waditra Ganesha’ berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu ‘Waditra’ yang berarti penabuh atau pemusik, dan ‘Ganesha’ berarti Dewa Ilmu Pengetahuan. MBWG berdiri pada tanggal 17 Mei 1971 dan merupakan marching band pertama di Indonesia. Di ITB sendiri, MBWG merupakan unit yang popular dan sangat diminati, terbukti dengan adanya ratusan mahasiswa yang mendaftar di MBWG setiap tahunnya, serta penampilan MBWG yang selalu dinanti-nanti oleh massa kampus.

Marching Band  Waditra Ganesha (MBWG) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang telah dimiliki Institut Teknologi Bandung sejak tahun 1971. ‘Waditra’ sendiri berarti penabuh dan ‘Ganesha’ adalah lambang dewa ilmu pengetahuaIMG_9013n. Unit yang terdiri atas fraksi brass, battery, front ensemble, color guard, dan field commander ini merupakan wadah para anggotanya untuk mengekspresikan diri, berpartisipasi, berkontribusi dan meningkatkan hard skill serta soft skill yang penting dimiliki oleh mahasiswa dalam bidang marching band.

Sebagai salah satu pelopor marching band, MBWG ITB telah menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan dalam kompetisi tingkat nasional seperti meraih Juara Umum dalam kompetisi Bandung Marching Band Championship (BMBC) 2012, pada kompetisi Grand Prix Marching band (GPMB) 2013 meraih peringkat ke-2 Field Music, peringkat ke-3 Field Visual serta secara umum menempati peringkat ke-5 pada Divisi Satu, dan pada Grand Prix Marching band (GPMB) 2014 meraih peringkat ke-8 Field Percussion dan secara umum menempati peringkat 10 pada Divisi Utama.

IMG_9029MBWG pun juga pernah tampil di Acara Pembukaan PON IX di tahun 1977 dan juga Acara Pembukaan SEA Games di tahun 1978. Prestasi terakhir MBWG ada pada Grand Prix Marching Band (GPMB) 2015 yaitu MBWG berhasil meraih peringkat III Visual Divisi Satu, peringkat III Divisi Satu General Effect, secara umum peringkat IV Divisi Satu.

Sebagai unit marching band yang dinamis, MBWG ITB selalu memiliki keinginan untuk meningkatkan kualitasnya baik dalam hard skill (bermain musik), maupun soft skill. Selain itu MBWG ITB yang merupakan organisasi berbasis kemahasiswaan yang memiliki waktu regenerasi yang cukup singkat, sehingga membutuhkan trigger untuk peningkatan skill anggotanya agar dapat menjaga dan menaikkan standar kualitasnya.

BMBC (Bandung Marching Band Championship) merupakan ajang yang memiliki prestise tinggi yang juga merupakan ajang peningkatan dan pertunjukkan kualitas marching band se-Indonesia. BMBC juga menjadi tolak ukur atas perkembangan marching band di Indonesia. Maka dari itu, pada tahun ini MBWG memutuskan melaksanakan proyek besar untuk kembali lagi berkompetisi di ajang Bandung Marching Band Championship 2016.

IMG_9028Dalam mempersiapkan penampilan marching band di ajang kompetisi Bandung Marching Band Championship 2016, MBWG mengadakan rangkaian latihan yang terstruktur agar perkembangan kemampuan pemain dalam tim dapat lebih efektif dan efisien. Rangkaian latihan meliputi kegiatan latihan rutin di ITB Ganesha setelah Maghrib hingga malam pada hari Selasa dan Kamis (weekdays) serta pada dari siang petang hingga malam pada hari Sabtu (weekend). Terkadang, MBWG membutuhkan jam latihan tambahan atau intens di rangkaian Training Camp (TC) di ITB Jatinangor yang membutuhkan 2-4 hari latihan berturut-turut. Segala persiapan ini demi kelancaran penampilan MBWG dalam meraih Juara Umum BMBC 2016 yang akan dilaksanakan di GOR Arcamanik di akhir bulan Oktober 2016 nanti.

Berita Terkait