KOICA Cyber Security Center

Gedung KOICA

Gedung ITB-Korea Cyber Security Research and Development Center (CSC) adalah gedung pusat keamanan dunia maya pertama di Indonesia.  Gedung tersebut dibangun dengan dana hibah dari Pemerintah Korea melalui KOICA (Korean International Cooperation Agency), senilai 55 milyar rupiah.

Bangunan Cyber Security Center memiliki 3 lantai, yang terdiri atas auditorium dan internet plaza di lantai 1, laboratorium keamanan cyber dan ruang riset di lantai 3, serta ruang kegiatan belajar mengajar di lantai 2.

Tujuan utama dibangunnya gedung ini sebagai pusat (center) yang didedikasikan untuk penelitian, pengembangan dan inovasi untuk solusi-solusi terhadap persoalan keamanan informasi di era siber dalam rangka mendukung tujuan strategis nasional ketahanan informasi. CSC (Cyber Security Center) atau Pusat Keamanan Siber dimaksudkan agar dapat membantu masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah-masalah diatas agar kualitas dan keamanan informasi dapat ditingkatkan dengan dukungan masyarakat internasional.

Berita Terkait