Pelatihan Literasi Komputer : Pemanfaatan Aplikasi Perkantoran untuk Pemerintah Daerah Sumedang

Menurut Undang-undang No. 23 Tahun 2014, Pemerintah Daerah adalah kepala daerah sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah otonom, sedangkan Pemerintahan Daerah merupakan penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Setiap pemerintah daerah dipimpin oleh Kepala Daerah yang dipilih secara demokratis.  Gubernur, Bupati, dan Walikota masing-masing sebagai Kepala Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Kepala daerah dibantu oleh satu orang wakil kepala daerah, untuk provinsi disebut wakil Gubernur, untuk kabupaten disebut wakil bupati dan untuk kota disebut wakil wali kota. Kepala dan wakil kepala daerah memiliki tugas, wewenang dan kewajiban serta larangan. Kepala daerah juga mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada Pemerintah, dan memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD, serta menginformasikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.

Kawasan Kampus ITB Jatinangor terletak di Wilayah Kabupaten Sumedang, sehingga dalam rangka mewujudkan salah satu tri darma perguruan tingginya yaitu pengabdian kepada masyarakat, diadakan Pelatihan Literasi Komputer yang menitikberatkan kepada Pemanfaatan Aplikasi Perkantoran untuk perangkat penyelenggara Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumedang yang terdiri dari 26 Kecamatan.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 28 peserta ini bertempat di Laboratorium Komputer Gedung Mektan Kampus ITB Jatinangor dan dibuka oleh Wakil Direktur Eksekutif Bidang Umum dan Hubungan Eksternal (Dr. Taufikrahman) dan Wakil Direktur Eksekutif Bidang Akademik dan Sumberdaya (Dr. Woerjantari Kartidjo).  Instruktur pelatihan ini Fivien Nur Savitri, ST., MT menyajikan materi aplikasi perkantoran khusus bagi perangkat kerja pemda yang merupakan tulang punggung keberhasilan pemerintahan di daerah Kabupaten Sumedang.

Ucapan terima kasih terlontar dari beberapa orang peserta yang merasa terbantu dalam program pelatihan ini dan mengusulkan agar dilakukan lagi pelatihan-pelatihan yang serupa di masa mendatang.

Di akhir pelatihan peserta diminta mengisi kuesioner berikut ini

 

Berita Terkait