Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMBA) Prodi 2016 : Aktif, Sinergi, dan Harmoni

Tahun Ajaran 2016-2017 telah tiba. Mahasiswa tingkat dua yang sudah menyelesaikan Tahap Persiapan Bersama di tahun 2016 akan mulai penjurusan ke Program Studi sesuai minat masing-masing mahasiswa. Mahasiswa yang telah ditetapkan masuk kedalam satu Program Studi tertentu kami sebut sebagai Mahasiswa Baru Prodi (Program Studi).

Tahun ini, tercatat 346 orang Mahasiswa Baru Prodi yang akan melaksanakan kuliah di Kampus ITB Jatinangor. Mahasiswa tersebut berasal dari sepuluh Prodi Sarjana dengan empat diantaranya adalah Prodi Baru di ITB Kampus Jatinangor.

Sepuluh Prodi tersebut adalah Rekayasa Hayati dari SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati), Rekayasa Pertanian SITH, Rekayasa Kehutanan SITH, Teknologi Pasca Panen SITH, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan), Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air FTSL, Teknik Pangan FTI (Fakultas Teknik Industri), Bioenergi dan Kemurgi FTI, Kewirausahaan SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) dan Teknik Biomedika STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika). Teknologi Pasca Panen, Teknik Pangan, Teknik Biomedika dan Bionergi dan Kemurgi merupakan Program Studi baru di ITB.

Selain kesepuluh Prodi tersebut diatas, kampus ITB Jatinangor mulai tahun ini juga melaksanakan kegiatan perkuliahan Tahap Persiapan Bersama (TPB) untuk mahasiswa ITB Kampus Cirebon. Sebanyak 95 mahasiswa TPB ITB Cirebon dari tiga Prodi melaksanakan kuliah di tahun pertamanya di kampus ITB Jatinangor. Mahasiswa ITB Cirebon tersebut berasal dari tiga Prodi yaitu Teknik Industri FTI (Fakultas Teknik Industri), Kriya FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain), dan Perancangan Wilayah dan Kota (PWK) dari SAPPK (Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan).

Sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki multikampus di tiga kota yang berbeda, yaitu ITB Kampus Ganesha di Bandung, ITB Kampus Jatinangor di Sumedang dan ITB Kampus Cirebon membuat Institut Teknologi Bandung semakin maju dan berkembang untuk membangun bangsa, memeratakan pendidikan tinggi dengan lebih dekat ke masyarakat, khususnya Jawa Barat. Perguruan Tinggi merupakan institusi yang memiliki peran dan posisi strategis untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. MOMBA masa orientasi mahasiswa baru prodi merupakan salah satu kegiatan memperkenalkan kampus ITB Jatinangor kepada mahasiswa agar mengetahui profil perguruan tinggi ITB multikampus, program layanan akademik, fasilitas serta kegiatan-kegiatan di kampus ITB terutama di Kampus ITB Jatinangor. Harapan agar mahasiswa ITB setelah mengenal kampus dimana tempat dirinya akan menimba ilmu, mahasiswa dapat meraih kemampuan akademik secara optimal, menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara berkualitas.

Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor selaku pengelola Kampus ITB Jatinangor, sejak tahun 2015 menginisasi kegiatan pengenalan lingkungan kampus bagi para Mahasiswa Baru Prodi khususnya yang akan melakukan kegiatan perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor. MOMBA atau Masa Orientasi Mahasiswa Baru melibatkan tidak hanya mahasiswa, namun juga himpunan mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan. Meskipun bernama orientasi, namun kegiatan ini jauh berbeda dengan orientasi yang seringkali dikenal sebagai arena perponcloan kakak senior kepada adik-adiknya.

Kasubdit Pemantauan Lingkungan dan Sarana Eksternal, Dr Sony Heru Sumarsono sebagai penggagas utama nama MOMBA mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meluruskan perspektif yang berkembang di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum tentang makna orientasi yang sebenarnya. Makna utama orientasi pada dasarnya adalah pengenalan, bukan sesuatu hal yang harus ditakuti oleh mahasiswa baru.

MOMBA, Masa Orientasi Mahasiswa Baru Prodi bertujuan untuk mengenalkan kampus ITB Jatinangor, sarana prasarana, sarana kegiatan akademik dan penunjang akademik seperti sarana olahraga, perpustakaan, sarana ibadah serta memperkenalkan lebih dekat apa yang akan mereka pelajari selama tahun kedua hingga tahun-tahun terakhir masa studi mereka. Pada kegiatan ini diberikan pula kesempatan bagi unit-unit kegiatan mahasiswa untuk ajang unjuk gigi sehingga dapat memperoleh anggota sebanyak mungkin. Begitu pula mahasiswa baru prodi di kampus ITB Jatinangor dapat melihat atraksi dan pentas seni unit-unit kegiatan mahasiswa secara lebih dekat dan bahkan bertanya langsung sebelum memutuskan untuk mengikuti unit kegiatan mahasiswa tertentu.

MOMBA 2016, Masa Orientasi Mahasiswa Baru Prodi Tahun 2016 yang diinisiasi dan diadakan oleh Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor ini juga turut mengundang Kepala-Kepala Program Studi, Kabinet Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, Kepala-Kepala Unit Kegiatan Pendukung  dan Tenaga Kependidikan untuk bersama-sama memberikan bekal kepada Mahasiswa Baru Program Studi sebelum menempuh perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor.

Tur Kampus

MOMBA 2016, Masa Orientasi Mahasiswa Baru Prodi Tahun 2016 ini diawali dengan tur kampus. Kegiatan jalan kaki berkeliling kampus ITB Jatinangor dipandu oleh mahasiswa senior angkatan 2014 keatas yang lebih dulu tinggal dan berada di Kampus ITB Jatinangor. Bila tahun lalu, 2015, tur kampus berawal dari Gedung Asrama, maka tahun ini atas permintaan mahasiswa, tur kampus berangkat dari Gedung Kuliah Umum (GKU) I.

Sekitar 69 orang mahasiswa baru prodi mengikuti kegiatan tur kampus ini. Mahasiswa berkumpul di GKU I lantai dasar kemudian menuju lokasi prasasti air, Gedung Kehutanan, Gedung Instalasi Pengolahan Sampah Terpadu, Gedung Utama, KOICA, Gedung Perpustakaan, Gedung Asrama, GOR Futsal, Menara loji, Rumah Jepang, GOR Graha Satria, Lapangan Sepak Bola, Lab Sedimentasi, Labtek 1A, Labtek 1B, dan GKU II.

Area-area selain tersebut diatas yang juga mendapatkan penjelasan sambil berjalan kaki yaitu area WTP Water Treatment Plan, Jogging Track, dan Arboretum dalam kampus. Mahasiswa baru prodi juga diberikan kesempatan untuk masuk kedalam gedung perpustakaan, GOR Futsal dan GOR Graha Satria. Sekitar 20 orang panitia baik dari mahasiswa senior maupun himpunan turut menjadi pemandu kegiatan tur kampus ini. Beberapa dosen juga turut serta dalam kegiatan menemani mahasiswa baru dengan ikut serta berjalan kaki berkeliling kampus ITB Jatinangor.

Presentasi Unit Kerja, Program Studi dan Himpunan.

MOMBA 2016, Masa Orientasi Mahasiswa Baru Prodi Tahun 2016 merupakan masa-masa awal dimana mahasiswa dituntut beradaptasi secara cepat dengan lingkungan barunya. Setelah kegiatan tur kampus bersama himpunan, mahasiswa senior, dosen dan tenaga kependidikan. Mahasiswa selanjutnya diarahkan ke ruang kelas besar di Gedung Kuliah Umum II lantai 3 guna mengikuti presentasi dari unit-unit kerja terkait dan Program Studi.

Acara dibuka dengan ucapan selamat datang yang langsung disampaikan oleh Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor. Kepala Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L), Dr. Yogi Wibisono Budhi, ST.,MT. memberikan arahan kepada mahasiswa baru prodi untuk bersama menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan kampus ITB Jatinangor. Beliau menyampaikan bahwa UPT K3L juga siap memberikan layanan kepada mahasiswa yang membutuhkan pengawalan bilamana masih berada di kampus hingga larut malam dan kawatir untuk pulang sendiri.

Selanjutnya presentasi disampaikan oleh Dr. Ciptati, MS., M.Sc. selaku Ketua Lembaga Konseling ITB. Beliau memaparkan agar mahasiswa tidak perlu ragu untuk berkonsultasi mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung.

Acara ini tak lengkap bila tanpa kehadiran Lembaga Kemahasiswaan. Hadir dalam MOMBA 2016, Dr. Sony Suhandono selaku sekretaris Lembaga Bidang Non Kurikuler dan Kemasyarakatan. Presentasi dari unit kerja juga diberikan oleh UPT Pelayanan Kesehatan dan disampaikan oleh Dr Taufikurahman mewakili Kepala UPT Yankes ITB.

Unit Kegiatan Mahasiswa dan Pentas Kesenian

MOMBA 2016 dimeriahkan pula oleh para UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), diantaranya adalah Keluarga Mahasiswa ITB, MIJ (Muslim ITB Jatinangor), PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen) ITB, KMK  (Keluarga Mahasiswa Katolik) ITB, KMB (Keluarga Mahasiswa Budha) ITB, KMH (Keluarga Mahasiswa Hindu) ITB, LSS (Lingkung Seni Sunda) ITB, MBWG (Marching Band Waditra Ganesha) ITB, KPA (Keluarga Paduan Angklung) ITB, UBV (Unit Bola Volly) ITB, UATM (Unit Aktivitas Tenis Meja) ITB, Sekar Cai Jati (degung), Pasopati (Unit Panahan Pasopati).

Para UKM menampilkan unitnya masing-masing diajang MOMBA ini. Semua berusaha tampil cantik dan menawan agar mahasiswa baru tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai anggota unit kegiatan mahasiswa yang rencananya akan membuka sekretariat di Kampus ITB Jatinangor. Tampil penuh dengan totalitas dipandu pembawa acara Rina M. Sianipar mahasiswa dari Rekayasa Hayati angkatan 2012 dan M. Candra Alam mahasiswa dari Prodi Rekayasa Pertanian angkatan 2013.

Acara pentas kesenian ini digelar di selasar lantai 1 Gedung Kuliah Umum dan berlangsung mulai pukul dua belas hingga berakhir pukul empat sore hari. Acara pentas seni dan stand-stand unit kegiatan mahasiswa ini berlangsung atas bantuan dari LK (Lembaga Kemahasiswaan) ITB dan semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara Momba ITB kampus Jatinangor 2016.