Pelatihan Literasi Komputer (Instalasi dan Update Sistem Operasi)

Sejak tahun 2003, Institut Teknologi Bandung telah  memulai program kerjasama dengan Microsoft  untuk menggunakan produk-produk Microsoft secara legal. Kerjasama yang dikenal dengan nama Microsoft Campus Agreement ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan (pegawai) untuk mendapatkan software berlisensi dengan harga yang terjangkau.

Kita sadar bahwasanya program kerjasama saja belum cukup. Masih diperlukan kemampuan dasar untuk menggunakan produk-produk Microsoft tersebut. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kemandirian pegawai . Pelatihan literasi komputer  kali ini diberikan materi seputaran salah satu produk Microsot yaitu Sistem Operasi Windows, menjelaskan bagaimana peserta bisa melakukan instalasi dan update sistem secara berkala.

Praktek instalasi dilakukan dengan menggunakan Oracle VM VirtualBox untuk memudahkan eksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka yang bersangkutan dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows tersebut. Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang sudah ada.

Selasa, tanggal 9 Juni 2015, bertempat di Gedung Ruang Studi Gedung Utama Lantai 1. Kegiatan Literasi Komputer ketiga kalinya ini dihadiri oleh 23 orang tenaga kependidikan ITB di lingkungan Kampus ITB Jatinangor. Instruktur untuk pelatihan ini adalah Sdr. Kurnianto, rekan kami dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi yang sudah memiliki keahlian dan jam terbang yang cukup dibidang operasional IT Helpdesk Comlabs.

Output dari kegiatan pelatihan ini antara lain :

  • Para peserta bisa mengakses dan menggunakan sistem sharing file secara bersama-sama.
  • Para Peserta/Pegawai ITB Jatinangor mengetahui, memahami dan akhirnya bisa melakukan sendiri instalasi operating system (OS) untuk PC masing-masing.

 

 

Berita Terkait