Pemberian Fasilitas Air Bersih ke Masyarakat Desa Sayang dan Desa Cikeruh melalui Program Pengabdian Masyarakat Kampus ITB Jatinangor

  • index
  • IMG-20170830-WA0001
  • IMG-20170830-WA0002
  • IMG-20170830-WA0003

Jatinangor.itb.ac.id – (Jumat, 25/08/2017)

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar kampus, Kampus ITB Jatinangor memberikan bantuan pengadaan fasilitas air bersih kepada masyarakat Desa Sayang dan Desa Cikeruh.  Fasilitas yang diberikan berupa sumur bor yang bertempat di Desa Sayang RT 3 RW 13.

Pemberian fasilitas air bersih telah diserahterimakan langsung oleh Dr. Taufikurahman selaku Wakil Direktur Eksekutif Bidang Umum dan Eksternal kepada Utep Junaedi sebagai Kepala Dusun 3 Desa Sayang Kecamatan Jatinangor pada tanggal 24 Agustus 2017.  Pengelolaanya diserahkan ke masyarakat sekitar Desa Sayang dan Desa Cikeruh, pembagian air bersih diharapkan dilakukan seadil adilnya dan bertanggungjawab sepenuhnya apanila terjadi kerusakan dan kehilangan pompa.  Mudah-mudahan fasilitas air bersih yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga.

Pemberian sumur air bersih dilakukan dengan cara di bor dan ditempatkan di Desa Sayang, dengan kedalaman 45 meter.  Posisi air bersih sudah ada di kedalaman 27 meter. Dinaikkan dengan menggunakan Submersible Pump dan ditampung di dalam torn penampungan. Pelaksanaan pengeboran dan instalasi dilakukan oleh PT. Lapindo Water.  Daya tampung tower 5000 liter dan pengisian penuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Air penampungan ditempatkan di depan Kopertis IV Jabar, karena menurut perhitungan bahwa posisi tersebut merupakan lokasi yang ketinggian tempatnya paling tinggi sehingga distribusi air ke masyakarat bisa memanfaatkan gravitasi bumi.

 

Berita Terkait