Peresmian ITB Kampus Jatinangor

Jatinangor.itb.ac.id.,  Kampus baru Institut Teknologi Bandung yang terletak di Jatinangor Kabupaten Sumedang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA., pada hari Jumat, 26 Juli 2013.  Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama oleh Mendikbud, Gubernur Jawa Barat dan Rektor ITB.

Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Akhmaloka menjelaskan bahwa kampus baru ITB ini memiliki luas 46,353 ha yang merupakan solusi dari sumpeknya kampus utama Ganesha seluas 23 ha yang dihuni oleh 20.000 mahasiswa, 1.200 dosen dan 1.800 pegawai non akademik.  Adapun untuk pembiayaan infrastrukturnya bersumber dari Dipa ITB sebesar 75 milyar, Pemprov Jabar 50 milyar, Kementrian PU 80 milyar, dan bantuan luar negeri 55 milyar.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, Lc. mengungkapkan bahwa Pemprov Jawa Barat mendukung pembangunan kampus baru ITB ini, karena kemajuan yang dicapai Perguruan Tinggi menunjukan kemajuan suatu kawasan (Jawa Barat) bahkan negara.    Untuk mendukung keberhasilan program Pendidikan Menengah Universal (PMU), Pemprov Jawa Barat membangun ruang kelas baru setiap tahun. Angka Partisipasi Kasar (APK) SMA pun meningkat sebesar 19%. Berdasarkan data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012, APK untuk SMA di Jawa Barat naik dari 49% (2008) menjadi 68% (2012).

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dalam upaya meningkatkan mutu pendidikannya di Jawa Barat.  Sedangkan dalam meningkatkan APK secara nasional Kemendikbud sendiri melakukan upaya-upaya berupa ekspansi kapasitas perguruan tinggi negeri, mendirikan perguruan tinggi negeri baru, dan meneruskan program afirmasi seperti Bidikmisi.

Dengan penambahan kampus ini, “kecil berkualitas menjadi besar berkualitas”, demikian ungkapan lain Mendikbud yang juga berharap ITB bisa menjadi pembina untuk perguruan tinggi swasta di Jawa Barat.  (yadi)

Berita Terkait