Situ 1 Kampus ITB Jatinangor

Latar Belakang

Sesuai misi UU No. 07 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air yaitu perlunya konservasi khususnya di daerah aliran sungai yang ada di Wilayah Sungai Citarum.

Pemanfaatan Sumber Air Anak Sungai Cikeruh untuk kepentingan air baku Kampus ITB Jatinangor, air baku masyarakat sebelah hilir Kampus ITB Jatinangor, irigasi dan pengendalian banjir maupun kekeringan.

Perlunya sarana pendidikan berupa bangunan fisik nyata keairan untuk kepentingan penelitian, praktek dan pengembangan keahlian calon sarjana teknik di Kampus ITB Jatinangor.

Situ atau embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai atau selokan).  Situ digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, mengatur pengairan untuk kebutuhan dibidang pertanian seperti menampung air di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Situ dengan luas 2 hektar ini dipergunakan sebagai sumber air bersih yang diolah melalui sistem Water Treatment Plant (WTP) di Kampus ITB Jatinangor.

Berita Terkait