Pelatihan Softskill TPB 2015 FMIPA : Know Your Self Extend Your Potential

Pelatihan Softskill Mahasiswa TPB 2015 FMIPA : Know Your Self Extend Your Potential 

Rabu, 14 Oktober 2015, kampus ITB  Jatinangor diramaikan dengan datangnya mahasiswa TPB 2015 FMIPA ITB yang mengikuti Pelatihan Softskill di Ruang Seminar Gedung Kuliah Umum II . Tema yang diangkat kali ini adalah Know Your Self Extend Your Potential. Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Akademik (WDA) FMIPA, Prof. Dr. Abdul Waris menyampaikan bahwa pelatihan  ini didasari atas  kesadaran bahwa kesuksesan seorang individu bermula dari kesadaran awal akan potensi-potensi yang dimilikinya. Untuk itu para mahasiswa baru perlu mengenal pribadinya sendiri dan mengetahui potensi-potensinya agar dapat maju, baik dalam bidang akademis maupun sosial. Pelatihan diberikan langsung oleh  dosen ITB yaitu Dr. Nenny Miryani Saptadji dan dibantu dengan dua orang fasilitator lainnya, Ir. Inne Indrawati Saptadji  dan Devita Andriani.

Pengenalan Lingkungan Kampus ITB Jatinangor

P_20151014_081143Berbeda dengan tahun sebelumnya, sebelum pelatihan Softskill, mahasiswa TPB 2015 FMIPA juga diberi kesempatan mengenal secara langsung  konsep Multikampus di Institut Teknologi Bandung. Mulki selaku Mahasiswa Pemandu Pengenalan Lingkungan Kampus, menjelaskan bahwa kampus jatinangor merupakan salah satu kampus ITB juga. Sehingga fasilitas di kampus ini bukanlah semata milik mahasiswa yang berada di Kampus Jatinangor saja, melainkan juga milik mahasiswa yang berada di Kampus Ganesha. ITB Kampus Jatinangor yang berada di sebelah timur kota Bandung, dan masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Sumedang ini memiliki luas sekitar 46 hektar, 2 sekian kali luas ITB kampus Ganesha Bandung.

Tak kenal maka tak sayang, begitulah kami menyebutnya. Bersama rekan-rekan mahasiswa yang sebelumnya pernah memandu acara tur kampus di kegiatan MOMBA, mahasiswa baru TPB 2015 FMIPA diajak berkeliling untuk lebih dekat, mengenal lingkungan dan fasilitas yang ada di kampus jatinangor . Antusiasme peserta mengenal lingkungan kampus Jatinangor terbilang sangat tinggi, terhitung  341 orang mahasiswa atau 95.8% dari seluruh mahasiswa TPB FMIPA 2015 mengikuti kegiatan ini. Banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan ke pemandu menjadikan momen tersendiri untuk kebersamaan dan keakraban antar mahasiswa kampus Jatinangor dengan mahasiswa kampus Ganesha.

P_20151014_080922Rute sengaja dipilih oleh panitia agar mahasiswa dapat melihat lebih dekat fasilitas, sarana dan prasarana yang tidak ada di Kampus Ganesha. Adapun tempat-tempat yang dilalui selain gedung kuliah umum, laboratorium dan laboratorium komputer, diantaranya adalah Water Treatment Plan, yaitu tempat mengolah sumber air sampai dengan air siap pakai; fasilitas olahraga Jogging Track; dua buah danau, situ 1 dan situ 2; Rumah Jepang; dan Arboretum atau Hutan kampus pendidikan, yang memiliki koleksi pohon Jati terbanyak di Jawa Barat serta beberapa jenis pohon endemik lainnya.

Rencana Kedepan

 

Setiap tahun sekali, FMIPA bereP_20151014_075823ncana akan secara rutin mengadakan kegiatan ini di Kampus Jatinangor. Mahasiswa diharapkan lebih mampu dan siap menghadapi berbagai tantangan dan hambatan di masa depan. Baik tantangan dan hambatan dari dalam diri sendiri, maupun dari luar diri mereka, Karena sejatinya kunci keberhasilan dalam pendidikan, pergaulan dan pekerjaan adalah “Mengenal Diri” dengan baik. Mahasiswa diharapkan dapat mengenal kelebihan dan kelemahan. Mahasiswa mengetahui apa yang diinginkan untuk kebaikan dirinya. Mahasiswa mampu mengetahui keyakinan-keyakinan (believe) yang selama ini dapat menghambat kemajuan dirinya. Mahasiswa dapat mengetahui potensi diri dan target yang ingin dicapainya. Sehingga dengan demikian, kemampuan memahami kelemahan dan kelebihan diri, membuat mahasiswa dapat mengetahui cara terbaik untuk mengembangkan potensi dirinya sendiri dibandingkan lingkungannya.

Berita Terkait