SOP Videotron

PENGERTIAN & BATASAN

  1. Videotron atau LED Display merupakan Papan Reklame Digital yang telah menjadi Media atau Ruang Iklan yang lebih Efektif dari Baliho dan Spanduk dengan Kemampuannya untuk Menampilkan Video sehingga lebih Interaktif dan bisa menampilkan beberapa Informasi sekaligus.
  2. Upload adalah proses menayangkan Video kedalam Videotron.
  3. Materi Tayang ; Slide, Gambar dan Informasi Digital yang sudah dikemas dalam bentuk Video dengan Format MP4
  4. Resolusi Video minimal 320px dan atau maksimal 720px
  5. Ukuran font minimal 32px untuk Video yang berbasis Informasi seperti Pengumuman kegiatan dll.
  6. Gunakan Font Style Bold dan Hindari Font yang tidak terlalu jelas
  7. Hindari background berwarna Putih dan Warna Terang.
  8. Transisi antar Scene jangan terlalu cepat terutama untuk yang berbasis Informasi, usahakan minimal 8-10 detik.
  9. Hindari Insert Gambar / tulisan (PIP) terlampau kecil .

 

PROSEDUR

  1. Unit kerja mengirim surat permohonan Penayangan Video ke Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor dengan menyertakan informasi:
    • Waktu (tanggal mulai Tayang dan berakhir),
    • Deskripsi kegiatan/Video
    • contact person di unit kerja (nama, alamat e-mail, nomor telepon)
    • melampirkan Video yang akan di tayangkan dalam bentuk CD/DVD/Flashdisk konten sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan.
  2. Jika Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor menyetujui permohonan, maka Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor (disposisi) permohonan ke Kasie Informasi Kampus ITB Jatinangor beserta catatan dari Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor (jika ada).
  3. Kasie Informasi Kampus ITB Jatinangor menerima disposisi surat permohonan Penayangan Video kemudian mendisposisikan permohonan penyelenggaraan ke petugas untuk ditindaklanjuti.
  4. Video yang mengandung atau mengekspose Komersialisasi subjektif seperti Sponsor dll diluar kesepakatan tidak akan ditayangkan pada Videotron.
  5. Jika format video dan konten tidak sesuai dengan ketentuan yang disebutkan pada batasan, maka Kasie Informasi Kampus ITB Jatinangor akan menginformasikan ke unit kerja dengan tembusan ke Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor untuk memperbaiki format video kemudian mengirimkannya kembali ke petugas atau kirim ke tim informasi.
  6. Jika sudah sesuai, Petugas akan melakukan Upload ke Content Management System(CMS) Videotron yang selanjutnya Video secara otomatis tayang di Videotron.
  7. Petugas akan melakukan Penurunan Video dari Videotron jika sudah jatuh pada waktu akhir tayang video tersebut.
  8. Video unit kerja yang disetujui Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor sudah berhasil Tayang di Videotron Kampus ITB Jatinangor.

*)diadaptasi dari Direktorat Humas dan Alumni ITB