Enter your keyword

Fasilitas Water Treatment Plan (WTP) di Kampus Jatinangor mendukung ITB sebagai Green Campus

Fasilitas Water Treatment Plan (WTP) di Kampus Jatinangor mendukung ITB sebagai Green Campus

Untuk memperkuat konsep ITB sebagai Green Campus, Kampus ITB Jatinangor mempunyai fasilitas Water Treatment Plan (WTP), yaitu sistem pengolahan air bersih. Air hasil olahan dari WTP ini nantinya akan bisa langsung diminum dan mampu memenuhi kebutuhan air minum bagi 12.000 orang di Kampus ITB Jatinangor.
WTP ini juga dirancang khusus sebagai sarana proses belajar dan mengajar, laboratorium alam, pengembangan dan pelatihan sistem air minum bagi civitas akademika ITB.

Bahan baku air yang diolah oleh WTP berasal dari Situ 1 yang merupakan area untuk tujuan akademik dan juga penyelamatan sumber daya air. Situ tersebut dapat menampung sebanyak 25 ribu meter kubik air. Pembuatannya lebih didahulukan untuk kebutuhan air di kampus ITB Jatinangor.

Prof. Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc.,Ph.D., sebagai inisiator pembangunan Situ 1&2 serta WTP ini, yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Tim Pengembangan Multi Kampus ITB di Jatinangor menyatakan, “Kita membutuhkan air secara mandiri maka kita bangun Situ 1&2, kita juga sudah memikirkan ITB suatu saat bisa memiliki air yang langsung diminum, makanya di sana ada WTP,” tutupnya.