ITB Botanical Garden

Kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, termasuk kelestarian hutan sebagai paru-paru dunia. Sebagaimana diketahui bahwa ITB Kampus Jatinangor saat ini memiliki 27,6 hektar lahan hutan yang dijadikan sebagai salah satu sarana pendukung kegiatan akademik khususnya Program Studi Sarjana Rekayasa Kehutanan di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati.

Salah satu upaya Kampus ITB Jatinangor dalam menciptakan lingkungan yang asri adalah Program ‘Going Green Campus’. Program ini tidak hanya  berfokus pada masalah pengolahan limbah sampah organik dan non organik tapi juga penataan kembali penghijauan di beberapa zona kampus.

Penanaman pohon dan perawatan tanaman rencananya dapat melibatkan pegawai dan mahasiswa. Kegiatan yang akan rutin dilakukan setiap hari jumat pagi ini sekaligus untuk menambah kebersamaan dan kedekatan antara pegawai dan mahasiswa.

Penanaman pohon secara bersama ini dilaksanakan di area konservasi yang terbagi dalam beberapa zona. Sebanyak 50 buah bibit Pohon Damar (Agathis dammara). dan 30 buah Pohon Jati Putih (Gmelina). telah ditanam di zona 6 dan zona 7. Harapan kedepan dengan semakin banyaknya pohon-pohon besar yang berdiri di hutan kampus, pohon-pohon tersebut bisa menghasilkan oksigen lebih banyak lagi bagi penghuni di lingkungan kampus ITB Jatinangor dan sekitarnya.

 

Berita Terkait