Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk Masyarakat Sekitar Kampus ITB Jatinangor

Berdasarkan penilaian dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.  Penilaian tersebut didasarkan pada empat kriteria, yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Kampus ITB Jatinangor sebagai bagian dari multi kampus  Institut Teknologi Bandung berupaya untuk terus meningkatkan kriteria tersebut dengan melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tingginya yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Untuk mewujudkan  salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dibidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Kampus ITB Jatinangor, para guru-guru/staf sekolah dasar baik negeri maupun swasta serta Aparatur Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang menjalin kerja sama dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia di wilayah desa tersebut. Kegiatan ini didasarkan atas program pemerintah yang telah memberikan perangkat komputer di wilayah kecamatan/pedesaan dan pemerintah tanpa memberikan skill pengoperasiannya, dan untuk meningkatkan sumberdaya di bidang komputer.

Berdasarkan kegiatan tersebut dan untuk menunjang skill aparatur desa dan para guru/staf, Kampus ITB Jatinangor memberikan pelatihan komputer dengan tema ‚ÄúPelatihan Komputer Khususnya Pemanfaatan Aplikasi Perkantoran (spreadsheet)‚ÄĚ.¬† Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan yaitu dilaksanakan setiap Hari Kamis tanggal 8, 15, 22 dan 29 Oktober 2015, mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Pada Pertemuan pertama, Hari Kamis Tanggal 8 Oktober 2015, Instruktur pelatihan yaitu Suwardi, A.Md., (seksi Informasi Kampus ITB Jatinangor), menyajikan materi tentang penggunaan aplikasi perkantoran khusus bagi aparat desa dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Pelatihan yang sama seperti ini sudah berlangsung dua kali, pelatihan pertama meliputi seluruh staf camat di Kabupaten Sumedang, dan kedua adalah sewilayah Desa Sayang, dan para guru/staf SD, baik swasta maupun negeri dan pelatihan diharapkan dapat berguna bagi masyarakat sekitar Kampus ITB Jatinangor.

Pelatihan ini natinya tidak sebatas dengan komputer saja, tetapi juga di bidang-bidang yang lain seperti Pemantauan Dampak lingkungan, K3L, Pelatihan menyusun Rencana Anggaran Belanja (RAB), dll.  Mengenai tempat dan waktu akan ditentukan kemudian.

 

Berita Terkait