Mekarnya Bunga Jacaranda Menambah Semarak Kampus ITB Jatinangor

 

Jacaranda, tanaman berbunga yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang beriklim tropis dan subtropis.  Karena keindahannya, tanaman ini banyak ditanam di berbagai negara termasuk di Indonesia.  Nama Jacaranda sebetulnya adalah nama genus yang menjadi nama umum dari tanaman tersebut.

Di iklim tropis seperti Indonesia, Tanaman Jacaranda mulai berbunga pada awal musim kemarau.  Dengan warnanya yang ungu kebiru-biruan, bunga ini bisa bertahan sampai 2 bulan sebelum rontok.  Ketika memasuki puncaknya, tanaman ini biasanya berbunga hampir  menutupi seluruh pohonnya sehingga kelihatan sangat indah mempesona dipandang mata, bahkan sebagian orang menyebutkan bahwa tanaman ini merupakan tanaman ciptaan Tuhan yang berasal dari surga.Menurut beberapa artikel, selain indah mempesona karena bunganya, bagian lain dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti daunnya sangat baik dan mudah dipakai sebagai pupuk kompos organik.  Daunnya juga dipakai untuk bahan pewarna dan juga ekstraknya yang dipakai untuk obat sakit perut.  Getah dari tanaman ini dipercaya dapat mengobati luka, kemudian kayunya dipakai untuk bahan meubel dan pembuatan gitar.

IMG_1907Untuk menambah koleksi arboretumnya yang juga berfungsi sebagai laboratorium lapangan, pada Tahun 2013 Kampus ITB Jatinangor menanam sebanyak 200 pohon Tanaman Jacaranda.  Tanaman ini ditanam disepanjang jalan di dalam Kampus ITB Jatinangor mulai dari jalan di Situ 2 dan prasasti kampus, dari depan Labtek 1A/1B sampai ke Asrama Mahasiswa dan Lapangan Sepakbola.  Juga disepanjang jalan menuju Gedung Utama melalui GKU 1 dan GKU 2.

Keberadaan Pohon Jacaranda ini selain menambah koleksi arboretum juga sejalan dengan misi Kampus ITB Jatinangor yaitu pengembangan program eco-campus.  Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang indah, teduh, asri dan sehat sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang nyaman bagi dosen dan mahasiswa, juga bagi seluruh civitas akademika di Kampus ITB Jatinangor.

 

Slide Show Bunga Jacaranda

 

Gallery Foto Tanaman Bunga Jacaranda

Berita Terkait