Enter your keyword

BIAYA HIDUP DI KAMPUS ITB JATINANGOR

Hai Massa Kampus…Untuk kalian yang telah diterima di kampus tercinta kita yaitu ITB dan masuk di prodi-prodi yang kuliah di jatinangor, info berikut ini penting banget buat kalian. Ya, kali ini kami ingin membahas  berapa sih biaya hidup atau Living Cost di Jatinangor. Info tentang perkiraan biaya hidup ini sangat penting sehingga nantinya kalian dapat menganalisis dalam memanajemen keuangan dengan baik ketika sudah mendarat di Jatinangor

Sebelumnya kami ingin berikan disclaimer dulu nih, bahwa perkiraan biaya nanti tidak termasuk/exclude uang kuliah dan hal-hal terkait biaya akademik apalagi untuk gaya hidup/lifestyle juga pulsa/kuota internet. Biaya hidup disini hanya perkiraan untuk biaya hidup dasar meliputi: Tempat tinggal, Makan dan Transportasi. Plus, kami berikan rentang biaya dari paling rendah hingga agak tinggi, pilihan ada pada kalian semua. Tentunya pilihan-pilihan tersebut tergantung kemampuan keluarga masing-masing.

Biaya Tempat Tinggal (Kost)

Karena kalian kuliah di ITB tidak sebentar, tempat tinggal menjadi kebutuhan pokok, saat kalian di Jatinangor. Biaya Kost di Jatinangor sangat beragam mulai dari 500 ribu/bulan  hingga 1,5 juta/bulan bahkan ada yang lebih dari itu, misal di apartemen yang memang cukup banyak di Jatinangor. Umumnya, Kost di jatinangor sistem pembayarannya per tahun, bila dibayar per tahun jadi lebih murah misal yang 500 ribu/bulan menjadi 5 juta/tahun (hemat satu juta).

Ragam biaya kost ini tergantung dari fasilitas, jarak dengan kampus dan fasilitas pendukungnya (wifi, satpam 24 jam dll), beruntung bagi kalian yang termasuk menjadi penghuni Asrama ITB Jatinangor karena fasilitas terbaik ada di sana, berada di dalam kampus dan biaya relatif murah, sekitar 1,4 juta per semester.

Biaya Makan

Jatinangor terkenal dengan ragam kulinernya, tentunya dengan harganya pun yang terjangkau. Kalian juga harus mempertimbangkan dengan baik biaya makan yang akan kalian keluarkan nantinya. Untuk kalian yang ingin makan dengan porsi 3x sehari, harus menyisihkan uang sekitar  800 ribu/bulan hingga 1,5 juta per bulannya.

Ragam biaya makan tersebut tergantung pemilihan warung makan dan menunya. Untuk yang biasa mager dan pesan antar, biaya makannya jadi setara dengan biaya di warung makan yang agak eksklusif walaupun pesan menu yang sederhana sekalipun. Kalian bisa berhemat dengan mencari warung makan yang relatif murah atau kalian bisa memasak sendiri, biayanya sekitar 400-600 ribu, biaya ini juga sudah termasuk untuk air minum (galon) isi ulang.

Biaya Transportasi

Bila kosan atau tempat tinggal cukup jauh maka biaya transportasi juga perlu kalian perhitungkan. Kalau dirasa jalan kaki tidak memungkinkan kalian dapat menggunakan beberapa transportasi yang ada disana. Biaya transportasi angkot bagi pelajar atau mahasiswa sekitar 3.500 atau bolak balik sekitar 7.000. Untuk biaya transportasi perbulan sekitar 250-300 ribu. Tentunya biaya transportasi ini akan sangat bertambah jika menggunakan aplikasi online.

Total rentang biaya hidup di Jatinangor sekitar 1,5-3 juta perbulannya bahkan bisa kurang atau lebih tergantung pilihan masing-masing item-nya. Itulah gambaran biaya yang kalian butuhkan jika kuliah di ITB Jatinangor nanti, dan biaya di atas belum diakumulasikan dengan biaya kebutuhan kalian yang lain dan juga tugas-tugas dari kampus.

Testimoni: