Gelar Kabel FO pertama kali secara swakelola : Kampus ITB Jatinangor semakin tampil memukau.

Jatinangor.itb.ac.id – Senin (14/03/2016) – Tahun 2013, Institut Teknologi Bandung melakukan gebrakan dengan menggelar kaber fiber optik yang menghubungkan Kampus ITB di Ganesha dengan kampus ITB di Jatinangor. Peresmian jaringan Kabel Fiber Optik berlangsung di tahun 2014 oleh Rektor ITB saat itu, Prof Akhmaloka. Peresmian ini menandakan kesiapan Institut Teknologi Bandung dalam mengelola multikampus kedepan dengan memanfaatkan teknologi, infomasi dan komunikasi (TIK) sebagai alat bantu pengajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, dukungan administrasi pendidikan, alat bantu manajemen dan sarana pendidikan.

Penghujung tahun 2015, Kampus ITB Jatinangor mengembangkan sarana prasarana kampus melalui pembangunan LED Videotron yang diletakan tepat diatas bangunan Gerbang Utama Kampus. Videotron atau disebut juga Led Screen, Billboard atau juga Megatron berfungsi menampilkan video digital dengan visual gambar bergerak. Di beberapa tempat, videotron umumnya diguankan sebagai ajang untuk promosi. Promosi melalui videotron banyak dipilih karena tampilannya menarik dan relatif mudah dilakukan penggantian tayangan visual sehingga selalu up-to-date.

Bagi kampus ITB Jatinangor, videotron digunakan sebagai sarana informasi agar lebih dekat dengan masyarakat sekitar (Baca juga  Videotron Sarana Komunikasi Kampus ITB Jatinangor dengan Masyarakat Sekitar). Masyarakat dapat melihat dan mengetahui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di dalam kampus Jatinangor seperti kegiatan perkuliahan, sidang terbuka, dies natalis, wisuda, lokakarya, publikasi hasil penelitian, dan kegiatan-kegiatan pengabdian ITB kepada Masyarakat.

Institut Teknologi Bandung sangat menjaga legalitas konten yang akan tayang kedalam videotron. Setiap materi harus dilakukan serangkaian proses persetujuan termasuk editing di pusat kontroler untuk dapat tayang di Videotron kampus. Khusu tayangan-tayangan yang tampil di videotron di kampus ITB Jatinangor, langsung di bawah arahan dan tanggungjawab Direktur Eksekutif kampus ITB Jatinangor. Seksi informasi menerima permintaan dan mengolah bahan-bahan informasi kedalam bentuk animasi tayangan video berbasis multimedia.

Untuk alasan keamanan pula, pusat kontroler videotron yang awalnya berada di bangunan Gerbang dipindahkan ke Gedung Utama. Jarak antara gerbang utama ke gedung utama sekitar 1000 meter. Pemindahan pusat kontroler videotron ke Gedung Utama Rektorat yang jauh dari lokasi videotron itu sendiri tentu saja memerlukan media transmisi data yang memenuhi syarat kecepatan transmit sinyal yang cukup. Kabel Fiber Optik menjadi pilihan utama, sehingga proses persiapan untuk menggelar kabel fiber optik secara swakelola pun dimulai.

gambar asus-1Gelar Kabel Fiber Optik untuk melanjutkan penyambungan kabel eksisting dari gerbang utama, gedung kuliah umum dan selanjutnya ke Gedung Utama dilakukan dibawah koordinasi langsung dari Seksi Informasi. Semua peserta Praktek Kerja Lapangan dari SMKN Sukasari Sumedang dan beberapa tenaga kependidikan dilibatkan untuk pekerjaan ini, termasuk dari seksi sarana prasana. Sebelumnya mereka yang terlibat juga telah mengantongi sertifikasi splicing dari Fujikura 70S, sehingga proses penggelaran fiber optik ini akan melengkapi pengetahuan mereka secara praktis.

Pelaksanaan gelar dan sambung kabel Fiber Optik ini dilaksanakan dari awal Februari sampai dengan pertengahan Maret 2016. Seharusnya penyambungan ini tidak memerlukan waktu yang lama. Permasalahannya hanya pada pengadaan barang, birokrasi untuk tertib administrasi dan ketaatan akan hukum membuat proses pengadaan barang ini memerlukan waktu yang cukup lama.

Puji syukur kepada Allah SWT, bahwasanya tim Seksi Informasi Kampus ITB Jatinangor telah berhasil melakukan pemasangan kabel fiber Optik, splicing sampai dengan pemindahan pusat kontroler videotron di kampus ITB Jatinangor. Videotron saat ini sudah bisa dinikmati oleh sivitas akademik, pegawai dan masyarakat sekitar kampus ITB Jatinangor dan masyarakat umum yang melewati kampus ITB Jatinangor. Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras semua pihak dan dukungan manajemen agar Tim ICT kampus Jatinangor dapat melayani kebutuhan infrastruktur ICT dalam kampus dengan lebih baik lagi. Semoga dengan meningkatnya kemampuan para tenaga kependidikan, kampus ITB Jatinangor semakin tampil memukau dalam memberikan pelayanan kepada sivitas akademika dan masyarakat di sekitarnya.

Berita Terkait