Hari Kesiapsiagaan Bencana ITB Kampus Jatinangor Tahun 2019

  • perlindungan1
  • IMG_0539
  • IMG_0540
  • IMG_0543
  • IMG_0552
  • IMG_0561
  • IMG_0563
  • IMG_0566
  • IMG_0574
  • IMG_0575
  • IMG_0577

Jatinangor.itb.ac.id – (Jumat, 26/04/2019)

ITB kampus Jatinangor menyelenggarakan simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana. Simulasi ini di selenggarakan di ITB Kampus Jatinangor, Kampus Ganesha dan Kampus Cirebon. Kegiatan ini serentak dilaksanakan tanggal 26 April 2019. Tanggal tersebut merupakan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana.

ITB saat ini sudah rutin menyelenggarakan simulasi kegiatan penanggulangan bencana, hampir setiap tahun menyelenggatakan simulasi ini. Untuk tahun ini ITB telah siap menghadapi simulasi kesiapsigaan bencana. Sesuai dengan arahan dari Kemenristikdikti, yang mengharapkan seluruh perguruan tinggi menyelenggarakan Hari Kesiapsiagaan Bencana.

Perlu diketaui bahwa di Indonesia ini rawan terhadap kejadian bencana, diantaranya bencana gempa bumi, bencana tanah longsor, bencana banjir, gunung meletus, kecelakaan kerja, dan kegagalan teknologi. Kita harus siap menghadapi bencana apabila suatu saat terjadi bencana. Kesiapsigaan ini harus dibarengi dengan pemahaman teknik-teknik peyelamatan diri sendiri dan lingkungannya, dari teknik penggunaan APAR (Alat pemadam api ringan),  teknik menutup api dengan kain basah dll apabila bencana itu benar-benar terjadi. ITB Kampus jatinangor kegiatan hari kesiapsigaan Bencana (HKB) difokuskan pada kejadian gempa.

Simulasi di ITB Kampus Jatinangor melibatkan seluruh civitas akademik, dari pegawai, dosen, mahasiswa, tamu, pegawai proyek dan seluruh penghuni di ITB Kampus Jatinangor. Sebagai pusat kegiatan di ITB Kampus Jatinangor oleh K3L yaitu (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan).

Semenjak bunyi sirine dibunyikan para pegawai pada berhamburan untuk menyelamatkan dirii sendiri, ad yang menutup kepala dengan kedua tangan/tas, ada yang bersembunyi di bawah meja.  Kegiatan di ITB Kampus Jatinangor sudah mencerminkan kejadian gempa sesungguhnya.

Tips apabila terjadi gempa

  1. Berjongkok, berlindung di bawah tempat meja, atau melindungi kepala dengan menggunakan tas / kursi, hindari jendela dan lemari.Menuju ke luar gedung serta ikuti petunjuk petugas (K3G / Floor Captain)
  2. Merapat ke dinding / pondasi dengan merunduk seraya melindungi kepala
  3. Jika tengah berada di tangga, berpeganglah pada pagar untuk menjaga keseimbangan agar terhindar dari risiko jatuh
  4. Gunakan tangga darurat dan jangan menggunakan elevator (lift), jauhi jendela, lemari dan barang / benda yang mudah jatuh
  5. Apabila ada asap, evakuasi dengan cara merangkak
  6. Berkumpul ke tempat assembly point yang telah disediadakan

 

Civitas Akademika ITB Kampus Jatinangor  “SIAP KESIAPSIAGAAN BENCANA”…

Berita Terkait