HUT Bhayangkara : Maju Bersama ITB & Kuatkan Pendidikan Berkarakter Bhayangkara

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merupakan organisasi kepolisan di Republik Indonesia yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden dan dipimpin oleh seorang Kapolri, saat ini jabatan Kapolri dipegang oleh Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai hari jadinya Kepolisian Negara Republik Indonesia yang biasanya disebut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara.  Nama ini muncul merujuk pada sejarah lahirnya Polri yang bermula pada zaman Kerajaan Majapahit yaitu dibentuknya pasukan pengamanan untuk melindungi kerajaan oleh Mahapatih Gajah Mada yang disebut Bhayangkara.

Menurut mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Prof Farouk Muhammad, kepolisian lahir dari masyarakat. Sebagai aparatur yang siap memberikan pengayoman kepada masyarakat, sejatinya polisi tidak lagi menjadi abdi negara, tetapi menjadi abdi masyarakat.

Seiring berkembangnya teknologi informasi saat ini, tantangan yang dihadapi oleh polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat semakin meningkat.  Penyalahgunaan teknologi informasi untuk pencurian keuangan berupa pembobolan uang nasabah semakin marak terjadi, begitu pula  penyalahgunaan untuk tindakan kriminal lainnya seperti penipuan, penculikan dan tindakan-tindakan asusila seperti situs pornografi , prostitusi online, dsb.

Untuk itu Polri perlu meningkatkan kemampuannya dalam mengimbangi dan memberantas kejahatan di dunia maya.  Melalui kerjasama di bidang pendidikan, beberapa waktu lalu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) mengadakan kuliah umum tentang keamanan dunia maya untuk 150 perwira polisi.  Ini menunjukan kepedulian ITB untuk turut serta dalam pemberantasan kejahatan di dunia maya.

ITB yang menjadi pionir dalam menangkal kejahatan dunia maya saat ini telah membangun Gedung Keamanan cyber/dunia maya pertama di Indonesia yang memang bertujuan  untuk menangkal kejahatan di dunia maya seperti pencurian data, penyebaran informasi palsu, serta pembobolan bank.

Menjaga keamanan dan ketertiban adalah tugas kita bersama, dengan semangat HUT bhayangkara yang ke 69 ini, mari kita bantu pihak kepolisian republik indonesia dalam menjalankan tugasnya.

Berita Terkait