Penutupan Pra-Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon1/ITB

Penutupan Pra-Pendidikan Dasar (Pradiksar) Resimen Mahawarman Batalyon 1/ITB merupakan kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan pradiksar yang dimulai pada tanggal 6 September 2015. Kegiatan ini dilaksanakan di area Kampus ITB Jatinangor selama dua hari satu malam, pada tanggal 14-15 November 2015. Pradiksar sendiri merupakan bagian dari program Rekrutmen Anggota Baru Angkatan 50 Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon I/ITB yang berisi kegiatan atau materi pengenalan dan pembekalan sebelum menghadapi Pendidikan Dasar.

Sebanyak 27 peserta Pradiksar (Calon Siswa) berangkat dari Markas Komando Menwa ITB menuju Kampus ITB Jatinangor secara mandiri dengan bimbingan pelatih (Anggota Menwa ITB).

Sebagai pembuka, peserta Pradiksar (Calon Siswa) diajak mengenal lingkungan kampus ITB Jatinangor, yang meliputi gedung perkuliahan, fasilitas, dan tempat ibadah yang berada didalam Kampus ITB. Jatinangor.

Secara umum, kegiatan penutupan ini merupakan evaluasi akhir dari serangkaian kegiatan Pradiksar. Evaluasi nya meliputi evaluasi praktik dan tertulis. Evaluasi praktik yang pertama adalah membuat tenda sederhana dari ponco (bivak). Calon Siswa yang telah dibagi dalam beberapa kelompok diminta untuk membuat bivak yang akan digunakan sebagai tempat beristirahat dan berlindung ketika Pendidikan Dasar.

Evaluasi tertulis diberikan dalam studi kasus dan dilaksanakan di ruang kelas pada malam hari. Calon Siswa dituntut untuk berpikir cepat dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan sebelumnya untuk menyelesaikan tiap butir soal studi kasus dengan durasi lima (5) menit untuk setiap soalnya dari total 9 soal.

menwa1Pada keesokan harinya, evaluasi dilaksanakan secara praktik dengan membuat lima (5) pos materi praktik yang tersebar di sekitar Kampus ITB Jatinangor. Dengan kelompok yang sama, Calon siswa harus mencari tiap pos dengan petunjuk diberikan pelatih. Lima pos tersebut meliputi materi Mountaineering & Pioneering, Packing, Kesehatan Lapangan, Survival, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Pengetahuan Umum.

Kegiatan Penutupan Pradiksar ini bukanlah akhir dari rangkaian Rekrutmen Anggota Baru Angkatan 50 (RAB E50), setelah ini Calon Siswa akan mengikuti rangkaian persiapan Pendidikan Dasar E50 yang lebih intensif, seperti Tes Kesehatan, Tes Wawancara, persiapan perbekalan, dsb.

Reporter : Cintya Nursyifa J. S (11214007/Rekayasa Hayati SITH)

Berita Terkait