Fotografi Dapat Berkembang Dari Hobby Menjadi Profesi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian dari fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film.

Sejalan dengan berkembangnya media sosial yang dapat menampilkan foto secara langsung membuat fotografi banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat.  Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi, kini kita bisa menggunakan Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) dan Kamera Poket yang lebih mudah penggunaannya sehingga hal ini semakin menarik minat para pecinta fotografi.

Mengingat banyaknya event yang didalamnya terdapat moment-moment penting yang harus diabadikan dan diaktualisasikan dalam bentuk foto, maka dirasa perlu untuk mengadakan pelatihan fotografi.

Pada hari ini, Selasa, 26 Mei 2015 Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor mengadakan pelatihan fotografi di lingkungan internalnya.  Acara ini diikuti oleh sembilan orang peserta dengan instrukturnya yaitu Dr. Taufikurahman yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif Bidang Umum dan Hubungan Eksternal.

Pelatihan kali ini bermaterikan tentang dasar-dasar fotografi dan teknik dasar penggunaan kamera dan pemilihan objek foto.  Rencananya minggu depan akan dilaksanakan pelatihan serupa dengan materi tingkat lanjut dan sekaligus praktek fotografi di sekitar kampus ITB Jatinangor.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini maka kedepan peserta dapat menghasilkan karya-karya foto berkualitas yang dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan baik pribadi maupun lembaga seperti untuk publikasi, annual report, presentasi dan komunikasi visual lainnya.

Setelah kegiatan pelatihan selesai , ada juga usulan dari salah seorang peserta pelatihan agar diadakannya perlombaan fotografi dilingkungan internal Kampus ITB Jatinangor.   Menanggapi hal tersebut, Pak Taufikurahman mendelagasikan kepada Dr. Sony Heru Sumarsono selaku Kasubdit Kerjasama dan Pemantauan Lingkungan untuk menjajagi kemungkinan realisasi dari usulan tersebut.

 

Berita Terkait