Praktek Kerja Lapangan di Kampus ITB Jatinangor

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu praktik kegiatan pendidikan Siswa SMK yang berpartisipasi secara langsung di berbagai intansi seperti lembaga pendidikan, perusahaan negara, perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Praktek Kerja Lapangan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di sekolahnya masing-masing, sehingga tercipta kesinambungan antara ilmu-ilmu dasar yang didapat selama di sekolah dengan praktek kerja di dunia usaha.

Penempatan Siswa Praktek Kerja Lapangan didasarkan pada kompetensi siswa sesuai bidangnya.  Siswa harus memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang ditempuh dan diminati dengan arahan dari pembimbing untuk penerapan di dalam dunia kerja. Hal ini bertujuan agar siswa mampu mengenal cara-cara penerapan Ilmu Pengetahuan yang telah didapatkan nya di sekolah. Tidak menutup kemungkinan dalam proses nya di lapangan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak didapat di sekolahnya masing-masing.

Hal penting lainnya, kegiatan Praktek Kerja Lapangan melatih siswa untuk berinteraksi dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatnya di sekolah. Menambah wawasan pengetahuan yang dimiliki siswa sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Menumbuhkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha. Meningkatkan kreativitas dan produktifitas siswa sebagai persiapan dalam menghadapi dunia usaha yang sesungguhnya. Mengembangkan materi yang didapat di sekolah dan dunia kerja untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dengan lembaga lain.

Dalam proses pengajuannya, siswa yang akan mengikuti kegiatan PKL wajib mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh lembaga yang menjadi tempat tujuan PKL. Setiap lembaga, baik pemerintahan maupun swasta tentu saja memiliki prosedur yang berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing lembaga tersebut. Kewajiban Siswa ditempat PKL antara lain :

  1. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah disepakati;
  2. Mematuhi setiap Instruksi ditempat kerja;
  3. Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja);
  4. Menjaga nama baik Lembaga Pendidikan (Almamater);
  5. Aktif berdiskusi dengan pihak-pihak yang berkompeten di lapangan.

Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor, setiap tahunnya menerima siswa Magang/Prakerin/PKL dari sekolah-sekolah disekitar Kabupaten Sumedang dan Bandung yang terdiri dari multi disiplin ilmu. Tahun 2015, ITB Jatinangor hanya menerima siswa PKL yang semuanya berlatar belakang Teknik Komputer dan Jaringan Internet.

Berita Terkait