Pengenalan Lingkungan Kampus dan Pelatihan Softskill FMIPA – ITB : Know Your Self Extend Your Potential 2

Sabtu, 13 Februari 2016, bertempat  di  Amphitheater  Kampus ITB Jatinangor, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA-ITB) mengadakan acara   Pengenalan  Lingkungan Kampus dan Pelatihan  Softskill : Know Your Self änd Extent Your Potential 2 untuk  mahasiswa TPB 2015 FMIPA ITB.

Dimulai dari  Amphitheater,  pengenalan lingkungan  Kampus ITB Jatinangor ini dibagi ke dalam 6 rute  yang berbeda.  1 kelompok terdiri dari  45 orang mahasiswa yang dipandu oleh 1-2 orang pemandu dari mahasiswa.  Didukung udara Kampus ITB Jatinangor yang segar, serta pemandangan yang sangat indah di sekeliling kampus membuat mahasiswa  begitu menikmati acara ini. Acara yang direncanakan dilakukan selama 1 jam, menjadi 1.5 jam karena antusiasme peserta yang ingin mengetahui informasi  lebih jauh tentang Kampus ITB Jatinangor.

Setelah pengenalan lingkungan kampus, mahasiswa berkumpul di Amphitheater  mengikuti acara sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik (WDA) FMIPA, Prof. Dr. Abdul Waris, bahwa kegiatan ini merupakan kepedulian kita terhadap pelatihan softskill untuk mahasiswa FMIPA.  Hal ini juga dibuktikan melalui pelatihan softskill yang  telah digelar 3 kali dalam 1 tahun. 2 kali untuk mahasiswa baru dan 1 kali untuk mahasiswa lama.

Berbeda dengan Pelatihan Softskill 1, yang telah  dilaksanakan FMIPA pada hari Rabu, 14 Oktober 2015.  Pelatihan Softskill  “Know Your Self & Extent Your Potential 2, yang dipandu  oleh  dosen ITB yaitu Ir. Nenny Miryani Saptadji, Ph.D  dan fasilitator lainnya yaitu Ir. Inne Indrawati Saptadji dkk, pelatihan ini dikemas dengan permainan-permainan, sehingga pilihan ruang terbuka yaitu Amphitheater menjadi tempat yang tepat untuk pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan  mahasiswa baru :

  1. Mengenal teman-temannya dengan lebih baik;
  2. Menetapkan target yang stretching;
  3. Mengatur strategi;
  4. Belajar mengulangi kegiatan apabila gagal;
  5. Belajar bekerja smaa;
  6. Thinking Out of The Box;
  7. Memahami pentingnya Leadership dalam kerja sama;
  8. Merasakan kebahagiian saat menyelesaikan tantangan;

Antusiasme mahasiswa yang mengikuti acara tersebut  tinggi, terbilang   271 orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, atau  76%  mahasiswa TPB FMIPA 2015.  Semoga mahasiswa TPB FMIPA 2015 dapat lebih mengenai kampus lainnya selain kampus Ganesha, khususnya kampus Jatinangor  dan tujuan pelatihan softskill itu sendiri dapat tercapai.

Penulis Berita : Ani Hamidah, S.Si., MAB. (Kasubbag Akademik FMIPA – ITB)

Berita Terkait