Videotron : Sarana Komunikasi Kampus ITB Jatinangor dengan Masyarakat Sekitar

Jatinangor.itb.ac.id – Jumat (19/02/2016). Informasi publik merupakan data yang diterima oleh masyarakat berkaitan dengan penyelenggaraan dan pengelolaan organisasi badan atau instansi. Informasi yang terbuka menunjukkan hasil dari sebuah proses pengambilan keputusan yang baik dalam melayani stakeholder terkait termasuk masyarakat. Informasi juga merupakan wujud kepedulian terhadap orang lain. Informasi dapat membuka kesempatan masyarakat untuk ikut berperan dan berpartisipasi terhadap kemajuan sebuah organisasi badan atau institusi. Institusi yang memiliki ‘Good Governance’ dipastikan mampu menyediakan informasi yang terbuka dan dapat diakses dengan mudah.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi. Informasi seyogyanya dapat disampaikan secara cepat, sederhana, tepat waktu dan tanpa biaya. Informasi dalam bentuk tulisan, gambar, video maupun audio dapat disebarkan secara cepat dan meluas dengan adanya ketersediaan teknologi seperti e-mail, website, media sosial, aplikasi mobile, juga televisi berbasis internet.

Videotron atau disebut juga megatron adalah media komunikasi berbasis audio video yang menggunakan layar elektronik berukuran besar. Pada penghujung tahun 2015, Kampus ITB Jatinangor telah memiliki sebuah videotron dengan kualitas tampilan tinggi dengan jarak pandang optimal 11-15 meter. Videotron ini didukung dengan teknologi terkini dan ramah lingkungan karena videotron ini dibangun tanpa harus menggunakan perangkat pendingin, pelindung terpaan air hujan, daya listrik ringan sehingga hemat pemakaian listrik. Videotron dengan ukuran duabelas meter persegi ini dibangun diatas gerbang utama yang menghadap ke jalan raya Jatinangor. Beragam informasi ditayangkan di videotron Kampus ITB Jatinangor. Mulai dari kegiatan mahasiswa, kegiatan program studi, kegiatan penelitian dan kerjasama dosen, sampai dengan pengabdian kepada masyarakat. Videotron Kampus ITB Jatinangor juga menampilkan tayangan kehidupan akademik di dalam Kampus ITB Jatinangor.

Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor selaku pengelola Kampus ITB Jatinangor juga mempersilahkan Muspika Daerah Jatinangor untuk ikut memanfaatkan keberadaan videotron di kampus ITB Jatinangor. Himbauan masyarakat yang sifatnya positif dan non komersial untuk kemajuan daerah dapat ditampilkan di layar besar ini. Videotron kampus ITB Jatinangor ini mulai tayang dari pukul enam pagi sampai dengan pukul sepuluh malam Waktu Indonesia Barat.

Berita Terkait