Bincang-bincang Asrama ITB Kampus Jatinangor; “Build Your Attitude, Build Your Good Behavior”

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9

Jatinangor.itb.ac.id – (Minggu, 26/08/2018)

Asrama mahasiswa merupakan salah satu fasilitas penunjang yang ada di ITB Kampus Jatinangor, sejak awalnya memang dikhususkan untuk mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan, asal daerah dan latar belakang keluarga yang berbeda. Salah satu tutor asrama, Maulidi, mengatakan bahwa keberagaman ini ketika tidak dikelola dengan baik akan menjadi potensi masalah kedepannya, untuk itu pengelola asrama dan tutor asrama mengadakan acara rutin tahunan dalam rangka sosialisasi peraturan agar penghuni asrama mengetahui hak dan kewajibannya serta menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara sesama penghuni asrama juga dengan pengelola asrama.

Kegiatan ini dinamakan “Bincang-bincang Asrama” dengan tema “Build Your Attitude, Build Your Good Behavior“, dihadiri lebih dari 350 mahasiswa penghuni asrama. Bertempat di GKU 2 lantai 3 ruang Auditorium, pada tanggal 27 Agustus 2018 mulai dari jam 08.00-12.00 WIB .

Sambutan disampaikan oleh Dr. Sony Heru Sumarsono (Kasubdit Kerjasama dan Pemling ITB Kampus Jatinangor) yang mewakili Direktur Eksekutif ITB Kampus Jatinangor sekaligus membuka kegiatan ini.  Sambutan juga disampaikan Kepala UPT Asrama Dr. Ir. Agung Wiyono Hari Soeharno, S. T., M. Eng.,  yang menyampaikan tentang sejarah singkat asrama ITB dan bersyukur bahwa semakin hari semakin terpenuhi fasilitasnya baik air, sarana prasarana, dan Sistem Informasi dan Manajemen (SIM). Asrama ITB akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada penghuni dan perangkat di dalamnya agar menjadi pribadi yang berkarakter. Oleh karena itu asrama ITB sangat mengedepankan pembinaan dan pendidikan karakter kepada penghuni asrama maupun perangkat yang menjalankannya.

Pemateri kegiatan ini antara lain, Sdr. Widodo – Seksi Keselamatan Kerja K3L ITB (Menerapkan K3L di Lingkungan Asrama ITB); Dr. Fazat Nur Azizah, S.T., M.Sc. – Kepala Bidang SIM UPT Asrama (Mengenal tentang Sistem Informasi Manajemen/SIM dan Tertib Pembayaran Asrama); dan Dr. Tri Desmana – Kepala Bidang Urusan Jatinangor UPT Asrama (Pengembangan dan Pendidikan Karakter di Lingkungan Asrama ITB)

Sdr. Widodo menyampaikan pentingnya mengaplikasikan Konsep K3L (Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan) di Lingkungan Asrama maupun ITB.  Seluruh penghuni asrama wajib mengetahui safety induction dan langkah-langkah darurat yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi hal tak terduga yang dapat membahayakan jiwa seseorang.

Dr. Fazat dari SIM UPT Asrama ITB menyampaikan telah majunya Sistem Informasi Manajemen (SIM) di Asrama ITB dan peraturan-peraturan yang ada di Asrama ITB mencakup kewajiban atau hak yang harus dilakukan atau dipenuhi oleh penghuni asrama ITB.

Dr. Tri Desmana menyampaikan pentingnya pegembangan pendidikan karakter di Lingkungan Asrama ITB. Sehingga diharapkan seluruh penghuni asrama akan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dengan pendidikan karakter di asrama ITB. Seperti menanamkan sikap saling toleransi dan menghormati antar sesama, mematuhi peraturan di asrama, disiplin, dan menerapkan budaya-budaya asrama seperti (1. Senyum, salam, sapa, dan berprasangka baik, 2. Musyawarah, 3. Pilah dan Manfaatkan sampah, 4. Konservasi air dan energi)

Berita Terkait